Protokol Dalam Jaringan Komputer

8 Protokol


Ketika komputer berkomunikasi dengan komputer lain, perlu adanya sebuah aturan dan instruksi yang diikuti oleh setiap komputer. Istilah ini dinamakan dengan protokol. 8 protokol yang saya maksud ialah :
1. ARP (Address Resolution Protocol)
2. RARP (Reverse Address Resolution Protocol)
3. ICMP (Internet Control Message Protocol)
4. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
5. FTP (File Transfer Protocol)
6. SMTP (Simple Mail Transport Protocol)
7. POP3 (Post Office Protocol)
8. IMAP4 (Internet Message Protocol)
Kalau users belum tau fungsi dari protokol-protokol tersebut yuk kita simak sama-sama!

1. ARP atau Address Resolution Protocol merupakan sebuah protokol. Ketika akan mengakses sebuah host TCP/IP menggunakan alamat IP dengan sebuah aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP, maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju akan diterjemahkan ke dalam MAC Address agar frame-frame data dapat diteruskan ke tujuan.
Jadi, bisa dikatakan bahwa protokol ARP ini bertugas sebagai penerjemah alamat logis berupa IP address menjadi alamat fisik yaitu Mac Address.

2. RARP (Reverse Address Resolution Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk menemukan IP address suatu host yang hanya tahu Hardware address-nya saja (misal pada diskless machine). Host akan mengirim paket berikut alamat MAC-nya secara broadcast, untuk meminta alamat IP yang sesuai. RARP server akan menjawab paket tersebut, sehingga alamat IP akan teridentifikasi.
Contoh untuk server yang memberikan no IP adalah DHCP server (Dynamic Host Confguration Control) paket broadcast tersebut di kirim beserta dengan Mac Address dari si pengirim. Server DHCP yang mendengar request tersebut akan menjawabnya dengan memberikan no IP dan waktu pinjam ( Liase Time ) bila liase time sudah habis / komputer di offkan maka no IP tersebut akan di ambil kembali oleh DHCP server dan di berikan kepada komputer lain yang membutuhkannya.

3. ICMP (Internet Control Message Protocol)
Protokol IP tidak memiliki mekanisme error-reporting (pelaporan kerusakan) atau error-correction (perbaikan kerusakan) sehingga dibutuhkan sebuah protokol dalam mengidentifikasi kesalahan dalam pengiriman paket data.
ICMP sendiri berada pada layer network di mana paket ICMP ini tidaklah dikirimkan begitu saja melalui layer datalink melainkan dibungkus terlebih dahulu menjadi sebuah paket IP kemudian diserahkan ke layer datalink untuk dibungkus menjadi frame. Kegiatan yang berjalan di Internet dimonitor secara teliti oleh router. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kejadian tersebut akan dilaporkan oleh ICMP.
ICMP berperan membantu menstabilkan kondisi jaringan ketika koneksi IP terganggu, misalnya router yang crash, putusnya kabel atau host tujuan tidak hidup.

4. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk melakukan request/komunikasi antara client dan server.
HTTP memiliki fungsi yang cukup sederhana, yakni untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya melalui koneksi internet. HTTP diibaratkan sebagai perintah untuk dijalankan setiap komputer supaya dapat mengirim pesan. HTTP juga berfungsi untuk menentukan bagaimana pesan atau data dapat ditransmisikan atau diformat menjadi bentuk lain yang dapat diterima browser. Sehingga semua data yang diinginkan oleh client bisa di akses atau ditampilkan.

5. File Transfer Protocol (FTP) adalah sebuah protokol internet yang memungkinkan untuk melakukan transfer file antar perangkat dalam suatu jaringan yang menggunakan koneksi TCP. Didalam FTP terdapat dua komponen utama yang dapat digunakan, yakni FTP Server dan FTP Client. FTP Server merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk memberikan akses file, mendownload, dan menambah suatu file didalamnya. FTP Client berfungsi untuk mengakses FTP Server dengan menggunakan akun yang sudah diberikan akses oleh FTP Server.

6. Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

7. POP3 (Post Office Protocol 3) adalah versi terbaru dari protokol standar untuk menerima email. POP3 merupakan protokol client/server dimana email dikirimkan dari server ke email lokal. Digunakan untuk berkomunikasi dengan email server dan mengunduh semua email ke email lokal (seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan sebagainya), tanpa menyimpan salinannya di server. Biasanya, dalam aplikasi email terdapat pilihan untuk tetap menyimpan salinan email yang diunduh pada server atau tidak. Apabila Anda mengakses akun email yang sama dari perangkat berbeda, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menyimpan backup. Hal ini perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi, semisal perangkat kedua tidak mengunduh email, sementara perangkat pertama sudah menghapusnya. POP3 adalah protokolkomunikasi satu arah, yang artinya data diambil dari server dan dikirimkan ke email lokal di perangkat komputer Anda.

8. IMAP4 (Internet Message Access Protocol)
adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP3 (Post Office Protocol versi 3) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

Kelebihan IMAP
IMAP memungkinkan kamu untuk mengakses email yang disimpan pada remote server. Tujuan utamanya adalah memungkinkan beberapa pengguna atau client untuk mengakses inbox yang sama secara bersamaan. 
Berikut kelebihan IMAP : 
1. Email disimpan pada remote server, yang berarti email dapat diakses secara bersamaan dari beberapa lokasi sekaligus. 
2. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses email. 
3. Waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat anda melakukan aktivitas di komputer remote anda. 
4. Menghemat kapasitas penyimpanan komputer lokal. 
5. Terdapat pilihan untuk menyimpan email ke penyimpanan lokal.

Sumber :







Komentar

Postingan Populer