Klasifikasi Jaringan

Pendahuluan

Dewasa kini kebutuhan akan teknologi komputer sangat dibutuhkan, dan juga erat kaitannya dengan dunia game. Apa kalian tau apa itu jaringan komputer? Yap.. kalian dapat memainkan game tidak lepas dari jasa jaringan komputer. Nah kali ini saya akan coba share apa itu Jaringan Komputer khususnya mengenai Klasifikasi Jaringan.

A.  Definisi Jaringan Komputer


Secara singkat jaringan komputer dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi antar 2 device atau lebih (berupa komputer atau laptop maupun gadget lainnya) sehingga saling berinteraksi. Salah satu bentuk interaksi tersebut yaitu saling tukar menukar data. Contoh sederhana dari jaringan komputer adalah pada saat mengirim e-mail.

B. Klasifikasi Jaringan

Setelah mengetahui apa itu jaringan komputer, selanjutnya akan dibahas mengenai klasifikasi jaringan. Ternyata jaringan komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan geografisnya, yaitu jaringan LAN, MAN, WAN, serta jaringan internet dan intranet.

1.     Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer (1-10 km). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

2.     Metropolitan Area Network (MAN)
Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN (10 - 50 kilometer). MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

3.     Wide Area Network (WAN)
Jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dan lainnya.




Hasil gambar untuk lan man wan



4. Jaringan Internet
Internet (Interconnection Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran. Hal inilah yang membuat kita dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, dan saling bertukar informasi dengan orang lain di seluruh dunia (1).

5. Jaringan Intranet
Jika internet bisa diakses oleh orang-orang di seluruh dunia, maka hal itu berbeda dengan Intranet. Pasalnya, Intranet adalah suatu jaringan (Private Network) yang menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berbagi informasi penting dalam lingkup lokal yang sudah ditentukan. Misalnya, hanya bisa digunakan di kantor/perusahaan saja. Bisa digunakan di kelas/sekolah saja, universitas, dll. Intinya, intranet merupakan suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa diakses di wilayah lokal/kecil tertentu saja. Hal itu juga menunjukkan kalau intranet tidak bisa diakses di mana pun berada (1).

Perbedaan Internet & Intranet
Internet
  • Jaringannya luas, cepat, dan bisa diakses diseluruh dunia.
  • Perkembangannya sangat cepat. Bahkan sekarang ini internet juga telah berperan sebagai investasi bisnis.
  • Bisa digunakan oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana pun berada.
  • Memiliki jaringan yang kuat.
  • Internet berisi hampir seluruh jenis file dan konten
Intranet


  • Jaringannya sempit (terbatas), tidak bisa diakses di seluruh dunia.
  • Perkembangannya lambat.
  • Hanya bisa digunakan oleh instansi perkantoran/perusahaan, sekolah, universitas, dan oraganisasi lainnya di wilayah tertentu.
  • Intranet biasanya diatur untuk beberapa konten saja.

Sumber :

Komentar

Postingan Populer