Perangkat Jaringan

7 Perangkat Jaringan



A. Pendahuluan

Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas mengenai perangkat apa saja yang berhubungan dengan jaringan komputer khususnya perangkat keras atau hardware. Bagi users yang belum tau apa itu jaringan komputer baca terlebih dahulu disini.
Adapun perangkat yang akan dibahas, ada 7 perangkat yakni :
1. Router
2. Switch
3. Access Point
4. Repeater
5. Bridge
6. Network Interface Card (NIC)
7. Wirelles Card
Yuk langsung kita ke pembahasan!

B. Pembahasan

1. Router
Router adalah suatu perangkat keras pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan.
Ada juga yang menjelaskan bahwa pengertian router adalah suatu hardware jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. 
Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

2. Switch
Nah tadi udah kita singgung sedikit kalo switch adalah perangkat untuk menghubungkan beberapa alat untuk membentuk jaringan LAN.
Switch berfungsi sebagai sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringandan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.
Switch bekerja berdasarkan alamat MAC pada NIC (Network Interface Card). Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemana paket data itu akan dikirim dan diterima. Sistem ini juga dibentuk agar tidak terjadi tabrakan pada jalur pengiriman data (collision) antara port satu dengan yang lain.

3. Access Point
Users pernah kan jalan jalan ke tempat umum seperti mall, kampus atau gedung perkantoran? Atau contohnya pas main ke rumah teman pasti yang di tanya ada WiFi nya gak? Nah itulah yang disebut dengan Access Point. Gak cuman buat sharing WiFi atau Hotspot, Access Point juga dapat digunakan untuk masuk ke jaringan lokal secara wireless / nirkabel. Dijelaskan bahwa Access point adalah sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Access point akan dihubungkan dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan tersebut, perangkat harus melalui access point.

4. Repeater 
Repeater adalah alat yang berguna untuk menguatkan signal. Dengan alat ini, signal yang lemah dapat ditingkatkan daya jangkaunya sehingga dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang lebih luas. Jadi kalo users pasang Access point di suatu tempat namun pada wilayah tertentu tidak mendapat akses, bisa digunakan repeater ini sebagai penguat signal.
Repater juga berfungsi meminimalisir penggunaan kabel jaringan juga penghematan pembelian perangkat, daripada beli 2 Access Point bisa diakali dengan perangkat repeater ini ya!

5. Bridge
Bridge adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan. Bridge juga berfungsi untuk memecah satu jaringan yang besar menjadi dua jaringan lebih kecil sehingga akan meningkatkan performa jaringan. Misalnya saja di sebuah universitas, terdapat beberapa bangunan yang terpisah cukup jauh. Akan lebih ekonomis untuk memiliki LAN yang terpisah di masing-masing bangunan dan menghubungkannya dengan bridge, dibanding jika harus menyambungkan semua tempat dengan menggunakan kabel.

6. NIC (Network Interface Card)
NIC merupakan sebuah perangkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC juga lazim disebut sebagai Kartu Jaringan maupun LAN Card.
Tugas utama dari sebuah NIC tersebut adalah untuk mengubah aliran data berbentuk parallel di dalam bus sebuah komputer menjadi aliran data yang berbentuk serial, sehingga nantinya aliran data yang berbentuk serial tersebut bisa saling di transmisikan di dalam media jaringan komputer.

7. Wireless Card
Wireless card akan memudahkan kita untuk melakukan koneksi, karena dengan menggunakan perangkat ini user tidak perlu menggunakan dan membawa kabel kemana-mana untuk sekedar menghubungkan ke sebuah jaringan.
Wireless Card akan menerima sinyal dari perangkat lain seperti Access Point ataupun perangkat wireless lainnya.

Sumber :
1. https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-router.html

2. http://junaidibasamut.blogspot.com/2013/03/pengertian-switch-dan-hub-dan-perbedaan.html

3. http://blog.unnes.ac.id/atikaisma/2016/02/09/pengertian-access-point-dan-fungsinya/

4. https://www.nesabamedia.com/pengertian-bridge-dan-fungsi-bridge/


Komentar

Postingan Populer